menu melayang

Jumat, 02 Februari 2024

Inovasi di Peringatan Hari Bumdes

Nurhamit-Founder Bumdeshub, 2/2/2024

Semarang - Bumdeshub adalah Pusat Bumdes Indonesia berbasis Aplikasi Andrpid serta bisa di unduh di google play store, berharap di Hari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini jadi momentum perluas pasar produk desa

"Aplikasi BumdesHub membantu pengelola bumdes di desa - desa yang akan memajukan usaha bumdes serta bisa menciptakan 1000 usaha baru bumdes secara digital, pengelola bumdes di desa bisa daftar di aplikasi Bumdeshub dan di hari ini semua pengelola bumdes bisa daftar mandiri tanpa ada biaya apapun ini bentuk kepedulian kami untuk memajukan bumdes serta berdayakan warga desa untuk lebih sejahtera", ujar Founder BumdesHub Nurhamit di Semarang, Jumat.

Ia mengemukakan, tanggal 2 Februari ditetapkan sebagai Hari BUMDes melalui Keputusan Mendes PDTT Nomor 110 Tahun 2022.

Di hari BUMDes ini, diperingati sebagai bentuk pengembangan ekonomi dan investasi di desa melalui Badan Usaha Milik Desa yang telah diakui sebagai entitas badan hukum.

Menurutnya, status badan hukum kian menegaskan peran penting BUMDes sebagai instrumen kebangkitan desa di Indonesia.

Ia mengemukakan, setelah lahirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, kemudian melahirkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang BUMDes, telah menguatkan posisi BUMDes sebagai salah satu entitas badan usaha berbadan hukum.

"Setidaknya, hingga 20 Januari 2023 terdapat 51.971 BUMDes dan BUMDes Bersama (BUMDesma) yang telah melakukan pendaftaran untuk mendapatkan sertifikat badan hukum," paparnya.

"Maka ini memberikan kesempatan untuk pemasaran terkait dengan hasil-hasil usaha desa melalui BUMDes. Dengan Aplikasi BumdesHub pengelola Bumdes bisa leluasa mengembangkan usaha-usaha bumdes mulai desa wisata, jasa, ukm desa, dll, semua bisa di buat di dalam Aplikasi BumdesHub, ini diharapkan menjadi jembatan promosi bagi produk-produk desa," terangnya.

A/N

Back to Top

Cari Artikel